Rabu, 16 Oktober 2013

USM STIS Tahap I (Pertama)


Momen ini krusial banget buat aku,karena ini menyangkut kampusku sekarang,STIS,momen ini lebih dikenal dengan USM STIS. Oke kita mulai dengan USM STIS Tahap Pertama :D Selamat menikmati :D

USM STIS Tahap Pertama adalah hal pertama yang harus dilewati calon mahasiswa baru STIS. pada tahap pertama ini ada tiga mata pelajaran yang diuji yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum. Pada USM STIS Tahun 2013, masing-masing Mata Pelajaran terdiri dari 60 soal. Untuk Matematika waktu pengerjaannya adalah 90 menit, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum masing-masing 60 menit. Pada saat tes, yang pertama kali dikerjakan adalah Matematika,dilanjutkan dengan Bahasa Inggris lalu Pengetahuan Umum secara berurutan. Jika waktu pengerjaan masing-masing mata pelajaran sudah habis,harus langsung dihentikan dan dilanjutkan dengan mata pelajaran selanjutnya dan tidak boleh membuka atau mengerjakan mata pelajaran sebelumnya.

Untuk penilaiannya, pada tahun 2013 jawaban benar +4, salah -1,kosong 0. Dan bobot penilaian mata pelajarannya yang terbesar adalah Matematika,lalu Bahasa Inggris dan yang terakhir pengetahuan umum.

Untuk persiapan sebelum tes, yaa yang pasti belajar dengan giat :D Standar soalnya memang lebih sulit dari UN J Sumber pelajarannya bisa dari Buku USM STIS yang bisa dibeli di Kampus STIS atau di Kantor BPS terdekat,bisa juga pesan online ke Kampus STIS atauuuu yang paling murah meriah tapi agak sedikit ribet ya download soal-soal dari internet. Kalau boleh jujur,aku cuma pelajarin soal-soal dari internet,tapi kelemahannya ya pembahasannya kurang detail malah kadang tidak ada pembahasan dan kunci jawabannya,jadi harus pintar-pintar cari sumber. Kalau masih belum ngerti sangat disarankan untuk konsultasi dengan guru bimbel atau sekolah. Teruus tipe-tipe soalnya juga tidak terlalu beda jauh dengan tahun sebelumnya,jadi juga disarankan untuk membahas soal-soal yang 3-5 tahun yang lalu lah. Jangan lupa banyak beribadah dan jaga kesehatan. Jangan sampai sakit waktu tes,kan gak lucu *curcol :’)
Terus cari-cari info mengenai Try Out yang diadakan STIS,setiap tahun pasti dilaksanakan. Keuntungan mengikuti Try Out,kita bisa mengenal tata cara tes pada hari H dan juga kita bisa membandingkan kemampuan kita dengan peserta Try Out seluruh Indonesia.

Naah waktu hari H tes,jangan lupa minta doa sama orang tua terus siapin semua alat tulisnya dan juga kartu ujiannya,kalau perlu bawa pensil,penghapus dan pena cadangan. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Juga usahakan jangan pinjam-meminjam pada saat tes karena akan mengurangi waktu dan membuyarkan konsentrasi. Kerjain soal yang mudah dulu. Dan juga jangan grogi atau panik,kalau kita panik semua materi yang kita kuasai bisa-bisa buyar.

Seusai tes,jangan coba-coba bahas soalnya lagi. Itu Cuma bisa buat kalian down dengar teman yang bisa ngerjain banyak atau jawaban kalian disalahin dengan teman kalian. Pasrah aja dengan keadaan. Kalau kita sudah usaha sungguh-sungguh dan berdoa selalu,percaya aja sama kekuatan Tuhan J  kata seorang MotivaTweet terkenal “Inget,kalau hasil itu tidak pernah menghianati usaha”

Segitu aja untuk USM STIS Tahap I (Pertama),semoga bisa membantu :D

Jumat, 11 Oktober 2013

Awali Kisahku dengan Mengenal Kampusku

Hei bloggy, long time no post u,u Hm biasalaah namanya juga mahasiswi baru,pasti sibuk dong ya . Kalau ng ga sibuk patut dipertanyakan._. Oiyaaa posting-an kali ini mau ngeshare tentang essay pertamaku di MAGRADIKA (Masa Integrasi Pendidikan Kampus) . Namanya juga pengalaman pertama,pasti essay nya rada ngaco dan ngasal._. yaa harap di maklumi aja yaa ;)

AWALI KISAHKU DENGAN MENGENAL KAMPUSKU
Tak kenal maka tak sayang
Banyak orang sering menyebutkan pepatah diatas. Pepatah diatas mengartikan bahwa jika kita tidak mengenal sesuatu maka kita akan susah menjalani atau berhubungan dengan sesuatu tersebut. Hal itu pula yang tertanam di hatiku ketika aku memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studiku setelah SMA. Banyak teman ku yang memilih perguruan tinggi negeri yang tersohor seluruh Indonesia,tetapi suatu ketika aku mendapat cerita tentang kakak kelas ku yang masuk perguruan tinggi kedinasan STIS.
Awalnya aku tidak mengetahui apa itu STIS. Karena penasaran,aku pun mencari informasi mengenai STIS di internet. Banyak informasi yang aku dapatkan yang membuat aku tertarik untuk melanjutkan studi ke STIS. Karena tertariknya aku mencari cari informasi mengenai PMB-nya,sistem belajarnya sampai ke peraturannya. Aku merasa hatiku telah terikat dengan STIS. aku merasa ingin mengenal lebih jauh mengenai kampus STIS dan bahkan aku ingin sekali bisa menjadi bagian dari kampus STIS.
Lalu setelah jadwal PMB STIS telah diumumkan, aku belajar dengan gigih walaupun fikiran dan konsentrasi ku bercabang memikirkan UN atau SBMPTN. Jadwal PMB STIS dengan jadwal UN dan dengan jadwal intensif SBMPTN memang sakat dekat. Walaupun fokusku terbagi-bagi,tapi aku ikhlas menjalaninya karena aku telah mengenal STIS, aku telah termotivasi dan ingin melanjutkan studi ku di STIS.
Alhamdulillah,aku di terima di STIS. kampus yang dari dulu selalu ku impikan untuk tempat ku menimba ilmu dan pengalaman. Rasanya begitu senang,haru,rasa tak percaya dan bangga. Lalu aku berangkat ke Jakarta. Tetapi masih ada satu hal yang mengganjal hatiku dari dulu,aku belum pernah melihat STIS secara langsung. Akhirnya setiba di Jakarta,aku melihat STIS secara langsung. Dan saat itu terlintas di hati aku ini adalah awal kisah ku di kampus idamanku . Setelah di Jakarta aku lebih sering melihat STIS, mengunjungi beberapa ruangan yang boleh di kunjungi oleh mahasiswa baru,mencicipi masakan di kantinnya, dan juga bertemu dengan beberapa dosen,karyawan dan juga kakak tingkat.

Mengenal kampus suatu saat pasti akan memberikan kentungan untuk kita,bukan hanya secara mental seperti motivasi, tetapi juga untuk kelancaran perkuliahan kelak. Banyak kakak tingkat yang bercerita mengenai sistem perkuliahan di STIS, mengenai UKM yang ada di STIS dan juga budaya di STIS.
Misalnya jika aku telah mengenal atau mengetahui dengan baik sistem perkuliahan di kampus STIS,aku akan menyesuaikan sikap dan cara belajar ku dengan sistem perkuliahan di kampus STIS,hal itu juga akan memudahkan kita untuk belajar. Atau misalnya aku telah mengenal atau mengetahui mengenai UKM yang ada di STIS,aku akan bisa mengembangkan minat atau bakat ku di UKM tersebut,aku juga dapat meningkatkan kemampuan ku di UKM tersebut. Di UKM kelak menurut cerita pengalaman dari kakak tingkat,kita akan mempelajari sesuatu yang tidak di ajarkan di mata kuliah STIS,yaitu berinteraksi sosial langsung di lingkungan sosial. Karena kita hidup tidak sendirian dan kelak kita tidak akan bekerja sendirian. Maka dari itu jika kita telah mengenal kampus dan UKM maka hubungan sosial kita akan semakin luas dan kita telah berpengalaman bekerja sama dalam suatu organisasi atau perkumpulan.
Budaya STIS yang telah ku kenal,walaupun masih sebagian,sangat sopan. Rasa kekeluargaan dan kekompakan di kampus STIS ini sangat kuat. Tak lupa pula kedisiplinan yang sangat diterpakan di kampus STIS,seperti yang telah terlihat di keseragaman PDA dan juga ketepatan waktu untuk menghadiri suatu kegiatan. Hal itu juga membuatku senang untuk mengenal kampus ku dan melanjutkan kisah studiku di kampus STIS.
Aku merasa beruntung telah mengenal sebagian kecil dari STIS yang bisa membuat aku semangat dalam menjalani rangkaian kegiatan perkuliahannya sampai saat ini dan semoga sampai seterusnya. Aku ingin mengenal kampusku ini dengan baik dan lebih jauh lagi. Aku ingin mengenal setiap bagian dari kampus ini. Yang akan memberi manfaat untuk kisah ku sebagai mahasiswi di STIS kelak.
Memang itu hanya bagian kecil dari STIS yang baru aku ketahui,tapi aku tetap semangat untuk mencari tahu mengenai hal-hal baru yang bersangkutan dengan kampusku,STIS. Hal ini membuatku sermakin sadar bahwa jika kita ingin bekerja,menjalani atau berhubungan dengan sesuatu atau seseorang itu kita harus mengenal dengan baik. Ini dikarenakan jika kita telah mengenal atau mengetahui mengenai sesuatu tersebut maka kita akan lancar dan ikhlas untuk menjalani sesuatu tersebut. Tak terkecuali kampus. Kampus bisa dikatakan sebagai rumah kedua bagi para mahasiswa,maka alangkah baiknya jika aku mengawali kisah baruku sebagai mahasiswa dengan mengenal kampusku.
NABYLA DEVANI MINAKO
“ADJOINT”
KELOMPOK 8: ALJABAR LINIER


Sabtu, 31 Agustus 2013

long time no see

hellooo it has been 3 months since the last post.
hm that's the  busiest and the most boring months i think._.

selama tiga bulan itu,yaa dimulai dari abis kelulusan sampai bulan juni full banget belajar :') berjuang buat masa depan.. fokus harus kebagi antara sbmptn dan spmb STIS :' tapi untungnya sbmptn duluan kelar dari spmb stis... di akhir bulan juni,dapet kabar kalo lulus tahap psikotes stis dan satu satunya dari jambi :')
abis itu tahap kesehatan sama wawancara,hm sibuk banget deeh ngurusin ke rumah sakitnya jauh lagi-_-

abis itu nganggur deh sampe tengah bulan juli.-. tanggal 8 juli pengumuman sbmptn,alhamdulillah lulus :') trus cau deeh ke unand,dan ternyata 12 jam perjalanan itu melelahkan banget :') apalagi umi sampe bilang 'jangan ngeluh,ini sudah pilihan kakak. yaudah nikmati ajaa' yaudah deh sampe di padang yaa ngurusin daftar ulang dan segala macamnya dan alhamdulillah tanngaal 19 juli aku lulus di stis :') ngurusin smua persiapan buat pemberkasan..

bulan agustus...
agustus diawali dengan ulang tahunnya fahmi yang ke 18 :') seneng banget bisa ngasih surprise pagi pagi pas dia baru bangun,udah gitu bisa ngobrol dengan orang tuanya,seneng deh :')
abis itu ada ulang tahunnya lucia,ulang tahunnya buya jugaaaa :3
yang sempat bikin aku keringetan panas dingin malam-malam itu waktu baru tau harus ngisi database maba stis,pengisian terakhir tanggal 29 juli,dan aku baru lihat tanggal 10 agustus :') langsung deh telfon kakak sema nya dan kena sindir,aaah padahal belum mulai ospek :')
oiya tanggal 27 my sweet cynic sister ulang tahun :3
daaan tanggal 28 pun tiba,mesti berangkat ke jkt buat nimba ilmu :')
aaah sedih banget pisah dengan keluarga,rumah,temen,jambiii u,u dan sekarang hidup di perantauaan :')

semoga diperantauan ini bisa hidup kuat deh :D biar bisa belajar yang bener,terus cepet lulus,semuaa yang baik baik deeeh aaamiiinn :D
haha udah ah curhatnya,jadi malu :$

Jumat, 24 Mei 2013

24th of May

Hey! Welcome 24 J
I really love 24 so much!! Bersyukur banget di hari ini,24 Mei 2013 aku dikasih banyak kebahagiaan dan keberkahan. Alhamdulillah ya Allah J

Dimulai dari detik pertama tanggal 24, sahabat sahabat aku ngucapin ulang tahun dan semua doa juga harapannya,terus fahmi nelfon daan aku bener bener terharu bangettt sama semua ucapannyaa,dan yang sedihnya dia ga bisa dateng di hari kelulusan dan ulang tahun aku hari ini L terus dilanjutin tengah malam dikasih kado sama umi buyaa aaaa seneng :*

Terus paginya aku buka pengumuman stis,dan ternyata alhamdulilaaaah aku lulus stis tahap pertamaaa. Terimakasih ya Allaaahhh :D Terus aku kesekolah dan temen temen banyak ngucapin jugaa. Ada meya sama novi juga yang ngasih kado berkesan :p

Siangnyaaa, aku monthversarry yang ke 6 bulan gicuuu :'D aaaa cedih sih gaada dianyaaa :(

Teruuss sorenyaa pengumuman kelulusan di SMANSA tercintaa. Cuacanya hujan lebat gituuu. Alhamdulilaaah SMANSA lulus 100% dan temen aku bilang aku maasuk peringkat 10 besar nilai terbaik di SMANSA bareng juga sama fahmi Alhamdulillaaah ya Allaaahhhh :D

Hm agak sedih jugaa Fahminya nggak bisa dateng L terus pas lagi asik tanda tanganin baju baju,eh si erwin dengan meikel besibukan bawa bingkisan gede banget._. terus mereka becanda aneh gitu katanya mau dikasih ke pak karnama dan itu kenang-kenangan dari three idiots._. Terus si erwin bilang dia nitip dulu bingkisannya,dan mereka bilang itu dari fahmi lismar haliiiimm. Aku beneran shock deh,aku sms fahmi nggak dibales-bales. Udah gitu,aku masuk ke kelas sama temen yang lain soalnya hujannya deres banget. Terus bingkisannya juga aku bawa masuk. Yaa terus ngobrol-ngobrol gitu,erwin nyanyi happy birthday alay-_- eeeh ternyata ada fahmi :’) yaampuuuun sumpah speechless banget bangetaaannnn :’D  seneng,terharu,sebel juga udah kena bohong._. tapi pokoknya seneng banget aaa speechless gabisa banget berkata kata deh heheheh :’D

._.

'bingkisan' :;D


Merci Beaucoup mon cher :3

Bersyukur banget sama apa yang udah Allah kasih buat aku sampe sekarang :D makasih buat semua yang udah ngasih kebahagiaan juga yaaa :D alhamdulillaaah J love you all :*

Kamis, 09 Mei 2013

I found this in a wedding invitation._.

Ya Allah,
jika aku jatuh cinta,
jatuh cintakanlah aku pada seseorang yang akan membuatku semakin mencintai-Mu
Ya Allah, jika aku jatuh hati
jatuh hatikanlah aku pada seseorang yang dapat membuatku selalu istiqomah di jalan-Mu
Ya Allah, jika aku merindu
rindukanlah aku pada seseorng yang selalu meluruskan alpaku pada-Mu
Ya Allah jika hatiku harus berlabuh,
labuhkanlah hatiku pada seseorang yang dapat menyelamatkan dunia dan akhiratku.

Kamis, 25 April 2013

heyhoo

Heyho blogger :p Long time no see. So many activities as a third grade student *eaa mulai dari ujian praktek,uas, try out, uan dan sekarang udah mau mulai aktivitas buat kuliah u,u yaa mau sesibuk apapun deh yang penting demi masa depan :'D

Setelah UN anak kelas 12 pada ga ke sekolah lagi nih,ya ada asiknya ada sedihnya jugaa. Tapi kan ga boleh kelamaan sedih ya, harus seneng teruuss :D (?) Hm iya, abis un kan enaknya refreshing niih. Nah kebetulan yaa kebetulan :p kemarin tanggal 24 nih, alias my 5 monthversarry with Fahmi :p

5 months... ? masih baru banget yaa-__- rasanya baru kemarin sama sama kelas sebelas,rasanya baru kemarin ngeliat nama aku sekelas dengan dia rasanya 24 november tuh baru kemarin :p
Masih gak nyangka aja bisa kaya gini._. yang awalnya ngejekan jadi gini, yang awalnya ga pedulian jadi gini, yang awalnya marahan jadi tetep marahan kok sekarang-_-

yaah selama 5 bulan ini.. terasa lama tapi. banyak berantem banyak seneng juga, mesti seimbang :) kalau udah berantem daktau lagi lah bisa ngalahain yang namanya world war._. terus kalau udah sama-sama tuh pasti aslinya keluar,yang satu 'katanya' gaje sama childish naah yang satu lagi tukang ribut sama gaje jugaa :p
oh iya ada juga haters nya :) berasa artis banget yaa ada haters gituu, tapi ya biasalaah pasti ada juga yang sirik hmm apa lagi kalau sambil baca ini nih pasti nganget sendiri tuh mata kuping sama hati :) udaah damai aja kenapa siiih :)
Udah aah bingung mau nulis apaa-____-" cuma mau ngupdate blog ajaa-_-








hihi udah ah :$

Selasa, 05 Maret 2013

Kesibukan ._.


March! Udah masuk bulan maret, itu berarti bulannya ujian praktek sama ujian akhir sekolah buat anak kelas XII -___-"

Rasanya itu bener-bener dikejar target,mesti ngulang praktikum dari kelas X sampe kelas XII yang bener-bener lupa.

Sekarang lagi dalam proses ujian praktek. kendalanya itu mesti tahan grogi megangin alatnya, nentuin tujuan sama kesimpulannya sama nginget gimana demonstrasi gurunya. Perhitungan pengukurannya juga ngeribetin banget hh-_-

Intinya harus tetep semangat deh :D demi cita-cita, demi sukses :D Ganbatte :D

Oiya snmptn udah di daftar niih, semoga keterimaaa :D AAMIIN AAAMMIIN :D

SEMOGA NABYLA DEVANI MINAKO LULUS SNMPTN UNDANGAN :D amiin amiin :D